Kamis, 27 November 2014

Batuk Filek Melanda Zhalfan

Ade zhalfan lagi sakit batuk filek (batfil ) nih, mungkin karena cuaca lagi dingin ya hujan terus ditambah lagi ade ikut terus sama saya tiap hari kamis sampai sabtu kesekolah naik kereta jadinya ade mungkin kecapean dimana kondisi tubuhnya lagi menurun.

memang sih balita di atas 6 bulan rentan terserang penyakit batuk filek dimana sistem kekebalan tubuhnya belum bekerja secara optimal, tapi tetap saja saya khawatir dengan kondisi zalfan yng ingusan terus di tambah batuk- batuk sampai mau muntah segala untuknya ga sampai muntah sih...

batuk filek ini penyebabnya adalah virus yang menyerang saluran pernapasan biasanya terjadi hanya 3-4 hari dan akan sembuh dengan sendirinya tanpa harus diberi obat kimia tetapi kita harus tetap waspada apabila batuk filek ini terjadi sampai 1 minggu nah klo lebih dari 1 minggu kemungkinan terjadi infeksi bakteri lanjutan. perlu di ingat untuk penyakit yang di sebabkan oleh virus kita tidak boleh memberikan antibiotik, antibiotik diberikan untuk penyakit yang di sebabkan oleh bakteri. kita harus bijak dalam memberikan antibiotik pada anak kita  carilah dokter yang pelit untuk merekomendasikan obat antibiotik klo pun terpaksa mintalah dosis yang paling rendah.... untungnya saya cocok dengan Dsa langganan anak-anaku di rumah sakit hermina sukabumi.

Sebenarnya batuk-pilek merupakan mekanisme tubuh untuk melawan kuman penyakit dan mengamankan saluran napas. Oleh karena itu, sebaiknya jangan langsung buru-buru memberi obat-obatan atau membawanya ke dokter. Lagipula, obat-obatan sifatnya hanya meringankan gejala, tidak menyembuhkannya. Selain itu, obat-obatan memiliki efek samping yang mungkin bisa berdampak buruk pada bayi, terutama yang usianya di bawah dua tahun, karena organ tubuhnya belum sepenuhnya berkembang.

Tanda -Tanda balita terserang batuk filek
1. Hidung berlendir dan mengeluarkan air,ya nih dari kemarin zalfan hidungnya berlendir terus, ingusnya pada keluar semua.
2. Bersin-bersin, zalfan juga sersin-bersin sampai beberapa kali.
3. Lelah atau tampak kepayahan, nah keliatannya lelah diam saja awal-awal nya klo sekarang sih tetep ceria malah maunya tuh main terus di luar.
4. Demam (kadang-kadang), klo demam alhamdulillah zalfan ga sampai demam suhu tubuhnya normal
5. Sakit tenggorokan,wah klo sakit tenggorokan sih saya ga tau ya zalfan kan belum bisa ngomong hehehe, tapi yang jelas zalfan batuk-batuk mungkin ga ga enak juga kali ya tenggorokannya
6. Batuk, klo batuk jelas banget zalfan batuk-batuk sampai serak segala cuma ga sampai muntah.

beberapa cara yang saya lalukan di rumah untuk mencegah batuk filek 
1. tetap memberikan asi buat zalfan karena kandungan asi sangat bagus untuk sistem kekbalan tubuh dan untungnya sampai skr usia zalfan mau menginjak umur 10 bulan zalfan masih asix tanpa bantuan sufor.
2. jemur bayi di pagi hari, klo sekarang ga bisa berjemur nih soalnya sekarang lagi musim hujan mataharinya lagi sembunyi hihihikk, padahal sinar matahari pagi bagus untuk membasmi virus dan bakteri. matahari pagi juga bisa untuk mengencerkan dahak yana ada di hidung dan tenggorokan.
3. untuk meredakan hidung tersumbat saya suka melakukan terapi uap caranya ambil air panas simpan di wadah kemudian tetesin minyak telon dan simpan dikamar tertutup nanti uapnya akan di hirup oleh zalfan. atau bisa juga menggunakan olbas yangyang di tetesi dibantal atau sapu tangan cuman saya ga punya olbas he...bisa juga sih hidung di tetesi larutan garam (saline) yangbisa dibeli di apotik tapi saya ga berani ah melakukannya cukup terapi uap saja.
4. untuk meredakan batuknya saya olesi zalfan dengan vicks baby balsam di bagian dada, tenggorokan dan punggung klo ga ada bisa juga dengan minyak telon tujuannya untuk menghangatkan tubuh
5. yang terakhir beri kehangatan, biasanya saya pakein zalfan baju panjang klo malem hari saya pakein jaket atau selimut karena sekarang tuh dingin banget tiap hari hujan terus.

itu beberapa cara yang saya lakukan untuk mengatasi batuk filek pada anak-anak saya sebelum di bawa ke dokter, klo batuk fileknya lebih dari seminggu atau lebih parah harus segera bawa ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut...mudah-mudahan cepet sembuh ya de biar bisa main lagi...

love
Ayah Ibu Kaka





Tidak ada komentar:

Posting Komentar