Jumat, 21 September 2012

Kue Kacang Jadul

Kenapa namanya kue kacang jadul karena kue ini dari dulu banget udah ada zaman aku kecil sampai sekarang. kue kacang ini kue yang ga pernah lekang oleh waktu ,hehehe...dulu setiap lebaran pasti klo ke rmh nenek kue ini selalu tersedia. mungkin karena itulah kenapa dinamakan kue kacang jadul wkwkwk...
membuat kue ini sebenernya request dari suami lebaran kemarin ga sempat bikin karena waktunya mepet banget keburu mudik,akhirnya baru bisa bikin sekarang 
(maaf ya ayah "love you").
resepnya dari mba Diah didi untuk kue kacang ini irit telur alias ga pake telur hanya memakai minyak goreng yang kwalitasnya bagus...oh ya kacangnya harus kacang lokal ya yang kecil-kecil bukan kacang yang besar-besar ataupun kacang yang udah dikupas kulitnya biar aroma kacangnya benar-benar keluar...lumayan repot sih bikinnya karena harus satu-satu ngelupasin kulit ari kacangnya tapi sebanding dengan rasanya yang gurih asin-asin gimana gitu ^_^...yang mau buat nih resepnya kalau aku buat 1/2 resep dari resep aslinya.


KUE KACANG
Bahan-Bahan:
250 gr Kacang tanah sangrai ( kupas kulitnya )
400 gr Terigu
200 gr Minyak goreng
200gr Gula halus ( aku 150 gram aja )
1 sdt garam
2 kuning telur + 1 sdm mentega untuk polesan

Cara Membuatnya:
  1. Sangrai kacang hingga matang, kupas kulit arinya hingga bersih. Tumbuk atau blender kacang hingga halus.
  2. Campur tepung terigu, gula halus, garam,kacang tanah sangrai halus,dan terakhir masukkan minyak goreng aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
  3. Simpan adonan didalam kulkas selama kurang lebih 1 jam , tutup dengan plastik.
  4. Setelah 1 jam, diamkan sebentar dalam suhu ruang, adonan siap untuk dicetak.
  5. Taruh kue diatas loyang yang telah dipoles margarin, poles bagian atas kue dengan campuran kuning telur dan mentega. Panggang dalam suhu 170 derajat Celcius selama 25 menit hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar