Senin, 24 September 2012

Ayam Kremes ala Mbok Berek


menu makan siang hari ini ayam kremes lagi iseng-iseng browsing ke blognya mba Nina nemu resep ayam kremes ala mbok berek...saya tetep menggunakan sayap ayam yang selalu ada di kulkas....ayamnya seperti biasa di ungkep dulu terus di goreng baru dibuat kremesnya,nah bikin kremesnya ini yang belum mahir haduuuh gagal dech nih,apa yang salah ya???tapi rasanya udah enak garing cuma ko ga mau terpisah ya kremesannya...enaknya dimakan sama lalapan dan sambal,kebetulan smbalnya belum bikin nih cuma ada lalapannya aja.mudah-mudahan lain waktu bisa bikin lagi dan bisa sempurna Hehehe...
yang mau coba nih resepnya :


Bahan-bahan:
- 1 ayam ( belah dan buka melebar)
- garam yg cukup banyak
- 5 bawang putih (haluskan)
- 2 sendok makan ketoembar halus
- 5 lembar daun salam
- 1 cm laos memarkan
- air kelapa ( krn nggak ada saya pakai air biasa 1/2 panci)

- minyak untuk menggoreng

Bahan untuk kremes
- 3 sendok makan munjung tepung beras
- 1 sendok makan peres tepung tapioka
- sekitar segelas besar air kaldu bekas rebus ayam

Petunjuk
Letakkan daun salam di dasar panci, baru letakkan ayam dan bumbu2 lainnya serta air. Rebus dg api besar, setelah air mendidih beberapa menit, kecilkan api dan rebus ayam dg api sedang sampai empuk dan matang. Berapa lama saya nggak tahu, yg pasti lebih dr sejam. Angkat ayam dan tiriskan.

Buat adonan untuk kremes. Campur kedua macam tepung dan masukkan kaldu, aduk hingga merupakan bubur encer. Ambil sebagian dr adonan kremes untuk melumuri ayam. Bisa juga buat adonan khusus dg perbandingan yg sama tapi lbh sedikit ( 1 sendok tepung beras dan i/3 sendok tepung tapioka).

Goreng ayam dalam minyak yg panas. Angkat setelah kuning kecoklatan. Tuangkan adonan kremes di wajan tanpa diaduk (adonan tidak boleh panas). Angkat kremes setelah berwarna coklat keemasan dan taruh di atas ayam.

Hidangkan dg sambal dan lalap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar