Minggu, 16 September 2012

Klappertaart


penasaran banget sama kue asal negeri kincir angin ini,di indonesia sendiri kue ini pertama kali berasal dari manado. metode pembuatannya ada dua macam baked (au bain marie) dan unbaked...nah klappertaart buatan ku ini jenis unbaked ga perlu di panggang langsung di makan need no oven...karena tinggal di daerah ga ada yg jual klappertaart akhirnya harus ke ibu kota,setiap ke gerai Den Haag pasti slalu habis untuk yg jenis unbaked ini klo pun masih ada itupun yg pake campuran rhum mmm,krn mengandung alkohol jd ragu dech tuk belinya.
mau ga mau harus bikin,,,ditambah ada semangat dari bunda mala yang semangat banget tuk bikin klappertaart yup cobalah browsing ke mba google banyak pilihannya dari klappertaart wilton dan hanna's klappertaart akhirnya pilihan jatuh pada resep mba Ricke bunda Nadhifa yang menggunakan resep perpaduan wilton dan hanna's.
klappertaart ini enaknya dimakan dalam keadaan dingin,krn ini jenis klappertaart basah seperti puding yang makannya harus di sendokin,untuk klappertaart buatanku ini semuanya menggunakan susu cair,kayu manisnya aku skip krn memang ga ada drmh mau beli males keluar lg (secara ga tau apa perbedaan yg pake kayu manis sama yang gak),nah yg di skip juga kacang almondnya bener2 dech setelah lebaran persedian bahan2 kue abis semua...karena suka keju akhirnya ditambah parutan keju dech biar tambah yummmy,,yuk buat nih resepnya:


bagian dalamnya

Bahan:
750 ml susu cair (fresh milk)
150-200 gram gula pasir (tergantung kadar kemanisan yang disuka)
250 ml fresh cream/whip cream cair (atau bisa dibuat dari whip cream bubuk dicampur dengan air takaran sesuai instruksi pada kemasan)
125 gram tepung maizena
75 gram terigu protein sedang (all purpose)
150 gram butter/margarine
6 butir kuning telur, kocok lepas
5 butir kelapa muda, dikeruk (pilih yang berdaging putih tapi masih lunak) ~ bisa ditambah/dikurangi sesuai keperluan, lebih banyak kelapa mudanya lebih asyik ;)
½ sdt essence vanilla
Topping (Original):
Kenari, panggang dan cincang atau iris memanjang
Kismis, potong 2, rendam air panas sebentar, peras dan tiriskan
Kayu manis bubuk

Cara membuat:
1. Campur fresh cream/whip cream cair, tepung maizena, tepung terigu dan telur. Aduk rata hingga lembut dan tercampur rata tidak bergerindil. Sisihkan.
2. Panaskan susu cair dan gula pasir, aduk hingga gula pasir larut dan susu mendidih (gunakan api kecil saja dan aduk terus agar susu tidak pecah). Masukkan campuran fresh cream/whip cream ke dalam susu. Aduk dengan cepat sampai rata dan halus sampai mengental. Aduk terus perlahan dan continue sampai adonan panas dan meletup-letup. Matikan api.
3. Panas-panas, masukkan butter/margarine, aduk rata hingga seluruh butter/margarine larut. Masukkan kelapa muda. Aduk rata. Masukkan essence vanilla. Aduk rata.
4. Tuang ke dalam pinggan kaca atau cup alumunium. Dinginkan hingga uap panasnya hilang, beri topping (kismis, kenari dan kayu manis bubuk) dan dinginkan dalam lemari es/kulkas. Siap disajikan dingin lebih nikmat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar