Selasa, 06 Januari 2015

Rainbow cake putih telur

Rainbow cake putih telur ini sebenernya resep white cake nya mba Nina naura, white cake ini hanya menggunakan putih telur tanpa kuning telur nya. resep ini sempat booming beberapa bulan yang lalu di salah satu komunitas yang aku ikutin.

sudah dari dulu pingin banget buat cake ini cuma masih belum punya stock putelnya tapi sejak ade zhalfan mulai MPASI dan sering buat bubur yang menggunakan campuran telur di makanannya maka di rumah menumpuk stock putel karena khusus buat ade saya hanya menggunakan kuning telurnya saja, otomatis putih telurnya lumayan banyak saya simpan di freezer biar awet sampai beberapa bulan klo mau digunakan tinggal pindahkan kekulkas bagian bawah setelah mencair baru di tawing ke suhu ruang.

biar beda aja penampilannya maka saya buat versi rainbownya karena saya suka banget dengan warna rainbow ini warna-warni walaupun buatnya cukup repot juga karena harus dibuat beberapa warna.

rasanya enak cake putih telur ini, manisnya pas menurutku, teksturnya juga lembut cuma jangan dibayankan seperti  makan cake yang menggunakan telur utuh kuning dan putihnya. jadi teksturnya agak mebal gitu sih duh apa ya bahasanya tapi jangan kwatir rasanya tetap enak. 
yang mau buat ini resepnya

White Cake
Bahan:
225 gram gula pasir
250 gram terigu protein sedang
200 ml putih telor
100 ml susu cair
100 ml minyak sayur
1 sdm emulcifer
1/4 sdt vanili
1/4 sdt baking powder
1/4 gram garam

cara membuat :
Panaskan kukusan dengan api sedang.
Olesi loyang atau cetakan dengan minyak.
Kocok  semua bahan dengan mixer dengan kecepatan tinggi sampai benar benar mengembang dan kentalkurang lebih 10 menit.
Bagi adonan dalam beberapa warna, beri pewarna secukupnya.
tuang semua adonan secara selang seling hingga membentuw warna pelangi.
Kukus adona selama 40 menit  dan gunakan api kecil ke sedang.

***Selamat Mencoba***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar