Senin, 05 Mei 2014

Imunisasi :Pentabio 2 + polio3 zhalfan

 
cerita tentang imunisasi zhalfan nih, seharusnya zhalfan usia 3 bulan kemarin tgl 28 april di imunisasi Dpt2,Hib2,Hb2 + polio3 cuma karena ada sesuatu hal imunisasi ditunda dulu.akhirnya zhalfan di imunisasi tgl 3 mei hari sabtu kemarin.
sebenarnya penundaan imunisasi ini karena ke khawatiran saya yang kasian melihat anak sakit karena di imunisasi, ditambah lagi perdebatan saya dengan suami yang menganggap imunisasi itu haram, tapi saya semakin yakin dan mantap untuk mengimunisasi zhalfan setelah gabung dengan grup GESAMUN (gerakan sadar imunisasi) disana dibahas mengenai apa imunisasi,manfaat imunisasi, akibat tidak di imunisasi dan tentang perdebatan mengenai halal dan haramnya imunisasi.buat bunda-bunda yang mau lebih jauh mengetahui tentang imunisasi silakan gabung dengan GESAMUN.
kita kembali ke topik utama ya hehehe.... untuk imunisasi ini agak-agak cemas juga sih takutnya kaya bulan kemarin zhalfan panas + rewel panasnya mencapai 39,5 oC karena saya khawatir sampai saya bawa ke Dsa. memang sih demamnya zhalfan karena efek dari imunisasi dwpt yang dapat menyebabkan demam ditambah lagi daya tahan tubuh zhalfan lagi ga baik. tapi alhamdulillah untuk imunisasi yang ke 2 ini zhalfan hanya demam di sekitar suhu 36 - 37,5 oC daya tahan tubuh zhalfan lagi bagus nih dan juga vaksinnya sudah bersahabat hehehe
oh ya sekadar info buat bunda-bunda lainnya imunisasi dpt ini bisa mengakibatkan demam, tergantung juga pada daya tahan tubuh bayi, kalo daya tahan tubuhnya bagus ga bakalan terlalu panas, kaya zhalfan sekarang ini demamnya hanya 1 hari antara suhu 36 - 37,5 oC( terbilang normal sih ) tapi memang zhalfan agak rewel mungkin efek dari suntikan yang menyebabkan sakit/bengkak dipaha kanannya. untuk menghilangkan sakit/bengkak akibat suntikan bisa di kompres dengan air dingin selama 15 menit/jam dalam kurun waktu 24 jam setelah lebih dari 24 jam di kompres dengan air hangat alhamdulillah sekarang zhalfan sudah sehat dan ceria lagi.
tetap sehat ya nakkk ibu,ayah ,kakak dafi sayang zhalfan muacchhhh......

 dibawah ini beberapa tips untuk mengatasi demam pada bayi setelah imunisasi :
1. berikan asi sesering mungkin, kandungan asi memilik zat yang dapat penggurangi peningkatan suhu tubuh. 
2.dekap bayi, dengan memberikan dekapan dapat memberikan zat anti nyeri sehingga dapat menurunkan rasa sakitnya (skin to skin)
3.gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat 
4.kompres menggunakan air hangat sehingga menurunkan resiko kejang-kejang dibandingkan menggunakan air dingin 
5.kompres menggunakan air dingin selama 15 menit/jam selama 24 jam pertama pada bekas suntikan untuk menggurangi rasa sakit dan tidak nyaman, setelah 24 jam baru di kompres air hangat. 
6.gunakan slalu termometer untuk melihat perkembangan suhu tubuh bayi 
7.berikan obat penurun panas apabila panas/demam bayi di atas 38 - 40 derajat celcius atau bisa juga berikan obat penurun panas (paracetamol) apabila bayi mural rewel atau tidak nyaman karena obat pararacetamol mengandung obat anti nyeri/sakit. 
smoga tips di atas bermanfaat buat emak-emak kece di rumah dan yang penting kita jangan panik dalam mengahadapi demam ini. nah ini peralatan yang slalu ada di rumah saya untuk mengantisifasi terjadi demam pada anak-anak saya di rumah.... ada termometer untuk mengukur kenaikan suhu tubuh,ada obat penurun panas paracetamol sirup untuk kaka dafi dan drop buat adek, ada plester gel penurun demam dan ada obat penurun panas yang dimasukan ke anus itu sih untuk jaga-jaga apabila panas mencapai 40 derajat celcius yang bisa menyebabkan step itu atas rekomendasi dokternya kaka cuma sampai saat ini belum pernah dipakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar