Selasa, 13 Mei 2014

Cheese Super Fudge Brownies

Buat brownies ini gara-garanya kk dafi suka beli brownies di warung sebelah harganya seribu perpotong ( pastinya sih brownies abal-abal he), pokoknya tiap hari pasti beli 3-5 biji kata kk dafi sih rasanya enak pas aku cicip ini sih bukan brownies cuma cake coklat biasa dasar anak-anak ^_^
daripada beli terus yang rasanya ga enak gitu akhirnya saya buat aja deh,browsing-browsing resep brownies yang simple dan yang ga perlu pake mixer soalnya ade ga ada yang jagain. nemu juga resep brownies yang gampang di blognya mba ricke "super fudge brownies" ini.bener gampang deh buat brownies ini cuma aduk-aduk panggang jadi deh ^_^
rasanya eunak super nyoklat tapi karena aku ga terlalu suka manis gula pasir sama coklat bloknya aku kurangin sedikit dari resep aslinya, tetep eunak ko rasanya crunchy di luar legit dan basah di bagian dalamnya karena ga punya stock kacang almond aku ganti pake keju jadinya cheese super fudge brownies, bisa juga loh ternyataaku buat brownies ini dan terbentuk lapisan "shiny crust" khas brownies panggang padahal baru pertama kalinya buat brownies yang di panggang biasanya yang di kukus.
pas sudah matang kk dafi ga sabaran pingin langsung dimakan,jadinya ga bisa difoto deh penampakan shiny crustnya,kata kk dafi dan ayah bilangnya enaaakkk,kk dafi habis berapa potong ya ga ke itung deh katanya bu nanti buat lagi ya...siap ka he ^_*
yang mau buat aku tulisin nih,aku copy dari bloknya mba ricke,makasih ya mba resepnya.
Cheese Super Fudge Brownies
Bahan:
120 gram unsalted butter
130 gram terigu protein sedang/all purpose flour
30 gram coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
225 gram dark cooking chocolate, cincang(aku pake 200 gram)
250 gram gula pasir halus (gula kastor) aku pake 200 gram
3 butir telur ukuran besar

Taburan (optional):
Almond slice/kenari cincang/chocolate chips, dll (aku pake keju parut)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180'C. Olesi loyang dengan mentega dan alasi dengan kertas roti. Oles kembali dengan mentega. Pada bagian sisi-sisi loyang lebihkan sedikit kertas rotinya sekitar 1 cm (fungsinya untuk mengangkat brownies keluar dari loyang). Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Lelehkan butter. Masukkan dark cooking chocolate. Aduk-aduk hingga coklat meleleh dan tercampur rata dan licin. Angkat.
4. Masukkan gula pasir halus. Aduk rata dengan whisker hingga gula terlihat menyatu dengan coklat. Masukkan telur. Aduk rata kembali hingga rata dan lembut. Masukkan campuran terigu. Aduk rata hanya sampai tepung sudah merata dan tidak terlihat lagi. Jangan diaduk terlalu lama!
5. Tuang ke dalam loyang. Ratakan permukaannya. Beri taburan kacang-kacangan dan chocolate chips bila suka (aku pake keju parut)
6. Keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 30 menit dalam loyang. Keluarkan dengan cara mengangkat kelebihan kertas roti di sisi loyang. Dinginkan di rak kawat. Potong-potong sesuai selera.
. Panggang dalam oven sampai matang sekitar 50 menit. Test sentuh permukaan bagian tengahnya sudah kokoh bila ditekan dan akan terbentuk lapisan 'shiny crust' khas brownies. 
Test tusuk bila perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar