Kamis, 03 Januari 2013

Japanese Roll Cake "Polkadot"


Roll cake ini lagi booming banget di dunia baking,banyak juga yang sudah buat dan di posting di grup dengan berbagai motif yang tentunya unik dan menarik....cuma aku telat (hadeuhhh kemana aja sich...)selama ini cuma memperhatikan dan menyimak,alesannya takut mencoba karena takut gagal dan alesan lainnya malessss ...
slama ini cuma lihat hasil karya temen2 dan resep2nya dari resep & cara buatnya lumayan repot tapi sebandinglah dengan hasilnya yang menarik...rasa penasaranku pada roll cake ini sudah tak terbendung lagi akhirnya googling cari resep yang mudah dan simple,akhirnya jatuhlah pilihanku pada resep di blognya mba Ita "Dapur Griya Khayangan" yang menurutku paling simple dan tentunya telurnya yang hanya 3 biji (pengiritan).
Deg-degan juga sih waktu buatnya soalnya ini pertama kalinya aku buat jenis roll cake,untuk motifnya aku buat bentuk polkadot karena paling mudah dan gayanya lagi aku ga pake pola kenapa???bukan sok pinter tapi memang males bikin pola dulu yang memakan waktu yang penting bulat2 dech makanya bentuknya ada yang kecil ada yang besar untuk warnanya akau pake warna pink,hijau,ungu dan biru biar rame he...
nah setelah dipanggang dan mateng apa yang terjadi saudara-saudara haduuuuh sebagian motif polkadotnya nempel di kertas roti entahlah apa yang salah,,,analisaku sih mungkin ya karena satu alasnya aku ga olesi mentega ke dua karena buat polanya ga tebel jd kemarin aku buat polanya tipis tapi ga apa2lah namanya juga pertama buat japanese roll cake ini lain kali akan di coba lagi dengan motif yang beda mudah2an hasilnya memuaskan...
tapi jangan di tanya ya rasanya mmmm lembut banget dech lumer di mulut ga salah emang cake yang asalnya dari jepang memang lembut-lembut yummmmy dech...untuk isinya aku pake blueberry palleta seger banget walaupun motifnya berantakan tapi habis tuh ga bersisa hihihikkkk (dasar hobby makan)...

yang mau buat ini resepnya ijin copy ya mba Ita...
Japanese Roll Cake ( JRC)
Source: Resipi Citarasawan
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
3 buah kuning telur
50 gr gula pasir
50 ml susu cair tawar
40 ml minyak goreng
80 gr tepung terigu
1 sdt vanili bubuk
1/8 sdt garam

Bahan B:
3 buah putih telur
1 sdm gula kastor
1 sdm air jeruk lemon
1 sdt tepung maizena
Bahan C:
Pewarna makanan merah muda dan ungu

Bahan Olesan/Filling:
150 gr Whipp Cream Non Dairy + 2 sdm gula halus, kocok hingga mengembang dan kaku. (aku pake blueberry palleta)

Cara Membuat:
1. Membuat adonan A: mixer kuning telur dan gula pasir hingga kental. Masukkan minyak goreng,  tambahkan air sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok hingga mengembang. Masukkan tepung terigu + garam + vanili bubuk, sambil tetap dikocok dengan mixer, kocok hingga mengembang dan kental.
2. Membuat adonan B: mixer putih telur, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit hingga mengembang, tuangkan air jeruk lemon dan maizena. Kocok hingga adonan putih halus/soft peak.
3. Masukkan adonan B sedikit demi sedikit ke dalam adonan A, aduk balik perlahan hingga tercampur rata (pastikan adonan tidak mengempis karena proses pengadukan).
3. Ambil sedikit adonan yang sudah tercampur kurang lebih 2 sdm, beri pewarna makanan ungu dan aduk hingga tercampur rata. Masukkan adonan untuk membuat motif ke dalam plastik segitiga/piping bag, potong kecil ujung plastiknya. Adonan selebihnya diberi pewarna merah muda, aduk hingga rata.
5. Siapkan  loyang ukuran 22x22x5cm (hasil cake tebal) atau ukuran 24x24x3cm (agak tipis hasil cakenya). Oles bagian bawah dan pinggiran loyang dengan margarin. Letakkan kertas roti yang sudah diberi pola motif pd bagian dasar loyang.
6. Dengan menggunakan adonan motif warna ungu, buat motif mengikuti pola yang sudah dijiplak, mulailah membuat border/pinggir pada gambar pola baru kemudian isi bagian dalam motif hingga tertutup adonan ungu. 
7. Oven loyang yang sudah diberi motif selama 1 menit dengan suhu 170'C, keluarkan dari oven.
8. Tuangkan adonan warna merah muda ke dalam loyang, oven hingga matang selama kurang lebih 15-20 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan hingga uap panasnya keluar.
9. Oles permukaan cake yang tidak bermotif dengan filling (aku pake blueberry palleta)
kemudian gulung dengan hati2 hingga rapi. Simpan cake yang sudah digulung di kulkas agar cake memadat dan kencang.
10. Hidangkan dengan memotong roll cake sesuai selera, atau disajikan utuh...

****Selamat Mencoba & Berkreasi ya****



Tidak ada komentar:

Posting Komentar