Kamis, 03 Januari 2013

Chicken Steak


chicken steak ini request suami yang ingin makan steak,waktu ditanya mau steak apa jawabnya terserah ya udah di buatin steak ayam kebetulan di rumah ada ayam fillet yang belum di apa2in...
untuk resepnya ga harus mikir lagi karena dulu pernah di share sama mba Diah didi di grup LE chicken steak crispy ala waroeng steak cuma ada sebagian bahan yang aku skip karena memang ga ada persediaan di rumah...
resepnya aku tulis ulang biar gampang kalau mau buat lagi,yang mau coba silakan ...

Bahan :
5 buah daging sapi bagian sirloin masing2 seberat 175 gram atau daging dada ayam tanpa tulang, iris tipis melebar.(aku pake ayam)
Saus tiram untuk merendam daging / ayam 
sayuran frozen (jagung,wortek,buncis,kacang polong)
kentang frozen siap pakai (goreng)
2 butir telur, kocok lepas
150 gram tepung terigu(aku pake tepung bumbu siap pakai)
1 sendok makan tepung maizena ( tambahan sendiri dariku ,biar lebih crispy)
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh bumbu kaldu rasa ayam(aku ga pake)
Minyak untuk menggoreng.

Bumbu Saus Steak spesial :
2 buah tomat, rebus, buang biji dan kulit,cincang.(aku ga pake)
4 siung bawang putih, cicang halus
8 siung bawang merah, cincang halus
1 buah bawang bombay, cincang halus
10 ml saus tiram
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh angciu ( aku nggak pake ,masih ragu..halal atau tidak soalnya..)
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh penyedap rasa ( aku ganti kaldu bubuk, lebih gurih   )
1 botol saus tomat ukuran kecil ( aku cuma 1/2 botol saja, punyanya cuma segitu kemaren ..hehe )
1/2 sendok makan gula pasir
200 ml air
Minyak goreng untuk menumis ( aku pakai blueband )

Cara membuat :
Saus Spesial :
Tumis bawang bombay , bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum. Masukan tomat cincang, air dan bumbu bumbu lain, tambahkan gula pasir,aduk sampai mengental. Jika kurang kental, bisa di tambahkan sedikit maizena cair.
Rendam daging / ayam dalam campuran air, merica bubuk dan saus tiram ( aku cuma merica dan kaldu bubuk saja ).Diamkan 30 menit.
Gulingkan daging ke campuran tepung terigu yang sudah di beri merica bubuk, garam, dan penyedap ( aku pakai bumbu kaldu bubuk dan merica saja ), lalu celupkan ke kocokan telur, lalu gulingkan kembali ke tepung terigu berbumbu , sambil di cubit cubit biar bisa keriting .Goreng di minyak banyak dan panas sampai kuning kecoklatan. Steak crispy yang ok..kulit luarnya crsipy, namun daging / ayamnya tetep empuk dan matang sempurna.
Goreng juga kentang hingga matang. Rebus wortel dan buncis sebentar saja.
 
Penyajian :
Susun kentang goreng,buncis dan wortel di piring saji,,, lalu letakan steak crispy nya..dan siram dengan saus spesial. Jika mau pedas, tambahkan saos samabal. Akan lebih mantab..di sajikan di piring hot plate..seperti penyajian aslinya di 
****SELAMAT MENCOBA****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar