Selasa, 28 Agustus 2012

Mochi ubi ungu

Mochi Ubi Ungu
Ga kepikiran kenapa harus bikin kue mochi ini,gara2 nya belanja ke pasar liat ubi ungu ga pikir panjang langsung dech di beli„,akhirnya sampe di rumah bingung sendiri nah lo mau di buat apa ubi ini„,Tuing-tuing mikir.com*.krn ilmu baking ku masih dikit terpaksa deh nanya ke mbah google mmm banyak pilihannya…ga mikir lama liat stok bahan2 pendukungnya akhirnya pilihan jatuh pada kue mochi ini ^,^…
resep aslinya bisa di liat disini (http://dapur-eeyand.blogspot.com/2011/07/mochi-ubi-ungu.html) makasih ya mba yulyan Parwati udah share resepnya„,aku tulis ulang ya :
MOCHI UBI UNGU
Bahan kulit:
200 gr tepung ketan
15 gr tepung beras
100 gr gula pasir
200 ml air
1/4 sdt garam
10 gr mentega putih
4 tetes pewarna ungu

Bahan isi :
150 gr ubi ungu, kukus dan haluskan
100 ml susu cair

25 gr gula pasir

Bahan taburan:
25 gr maizena, sangrai 5 menit dengan api kecil, dinginkan.(aku ga pake maizena tp menggunakan wijen)sama enaknya ko…

 
Cara membuat:
1. Isi : campur semua bahan isi (bisa juga diblender biar benar2 halus), masak sambil diaduk sampai lembut. Angkat bentuk bola2. Sisihkan
2. Kulit: campur air, gula, garam, pewarna, dan mentega putih, aduk rata. (Dalam tahapan ini, tentu saja mentega tidak akan ikut tercampur dan larut. Hal ini tidak mengapa karena mentega akan larut dan tercampur pada tahapan berikutnya)
3. Tuang ke campuran tepung ketan dan tepung beras, aduk rata.
4. Saring dengan saringan halus sampai rata. Masukkan kedalam mangkuk tahan panas. (aku nggak pake tak saring…kalo ngaduknya pakai wisk bisa halus juga kok…^^)
5. Kukus 25 menit diatas api sedang. Angkat, aduk dengan sendok kayu. Kukus lagi 15 menit (tahapan pengukusan yang kedua ini aku skip)

6. Angkat dan mixer 2 menit dengan mixer spiral sampai lembut (aku ga mengunakan mixer cukup dengan sendok kayu aduk sampai rata). Biarkan dingin.
7. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri isi, bentuk bola-bola. Gulingkan diatas maizena(aku pake wijen gulingkan di atas wijen). Kuas agar tepung tidak terlalu tebal.

hasil yang aku buat pas pertama agak lembek tp aku masukan ke lemari es hasilnya tambah enak,lembut dan kenyak ada sensasi kriuk2 nya dari wijen„,ga kalah dengan mochi di toko2 yang dijual di kotaku„,Mochi Kaswari sukabumi,hehehe„,PDnya ^,^…
*selamat mencoba*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar