Senin, 24 Maret 2014

Gulai Kepala Kakap

Senengnya bisa masak normal lagi,maksudnya bisa masak lagi dan masuk dapur 
karena kemarin2 masaknya yang gampang2 serba goreng sesekali baru bikin sayur bening bahkan sama sekali ga masak beli masakan jadi aja. karena ade suka ngajakin bubunya main nih klo malam2 jadinya pas siangnya ade bobo ibunya pun ikut bobo karena ngantuk xixixi, akhirnya males deh masaknya.
tadi pagi kepasar ada kepala kakap seger langsung aja beli dan kepikiran untuk buat gulai kepala kakap ini.
sampai di rumah googling deh  nyontek resepnya Sajian sedap
ini aku copas resepnya,cuma ada beberapa bahan yan aku skip karena ga ada di rumah trus aku tambahin daun kemangi. wesss jangan ditanya rasanya mantep pingin nambah terus.


yuks coba.... 
Bahan:
2 potong (700 gram) kepala ikan kakap ukuran sedang, dicuci bersih
1 sendok makan jeruk nipis
1.000 ml santan, dari 1 butir kelapa
1 sendok makan garam
1/2 sendok teh gula pasir
1 batang serai, dimemarkan
1 cm lengkuas, dimemarkan
1 lembar daun kunyit (aku ga pake)
3 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya (aku ga pake)
2 ikat daun kemangi( tambahan dari aku)
2 sendok makan minyak, untuk menumis
Bumbu Halus:
9 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai merah besar
1/2 cm jahe
1 cm kunyit

Cara membuat:
  1. Lumuri kepala ikan dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, kunyit, daun jeruk, dan garam. Tuang santan. Masak hingga mendidih.
  3. Masukkan kepala ikan. Masak di atas api kecil hingga kepala ikan matang dan santan berminyak. Angkat.
*** Selamat Mencoba ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar