Minggu, 25 November 2012

Risoles Ragout

Musim hujan hampir tiap hari,enaknya makan gorengan hangat-hangat dengan saos sambal wuihhh mantap dech...daripada beli lebih baik bikin sendiri kebetulan semua bahan untuk buat risoles ini sudah ada semua,kalau sudah ada kan gampang simpan di frezeer kalau mau tinggal goreng,,,praktis kan???
untuk resep kulitnya aku pake resep AMRISnya bunda Ricke cuma bedanya isinya aku pake ragout sayuran,untuk ragoutnya aku pake resep sendiri seadannya...yang mau buat silakan nih resepnya,kulinya lembut walaupun sudah dingin beda dengan risoles yang suka aku beli di toko-toko kue kulitnya tuh keras kalau sudah dingin kalau ini enak dech....

Bahan kulit:
100 gram terigu protein tinggi (saya lebih suka pakai terigu protein tinggi karena hasilnya lebih lentur, tapi bisa juga menggunakan terigu protein sedang)
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telur
300 ml susu cair (saya pake air biasa )
1/2 sdm margarin dilelehkan atau 1 sdm minyak goreng

Isi:
2 bh wortel,potong kotak kecil-kecil
2 bh kentang,potong kotak kecil-kecil
3 bh B.merah (iris tipis)
2 bh B.puting (cincang halus)
1/2 sdt garam/sesuai selera
1/2 sdt merica
air sedikit
seledri
daun bawang
1 sdm terigu
minyak untuk menumis


cara membuat Ragout :

tumis bawang merah,bawang putih setelah harum masukan potongan sayuran setelah layu masukan seledri dan daun bawang kemudian tambahkan garam dan merica sesuia selera,tambahkan sedikit air setelah itu masukan terigu (supaya ragoutnya menyatu tidak berhamburan).angkat

Pelapis:
2 butir telur, kocok lepas
Tepung panir/bread crumbs secukupnya

Cara membuat:
1. Ayak terigu dan taruh dalam wadah. Beri garam dan merica bubuk, aduk rata. Buat lubang di tengah2 terigu, masukkan telur, aduk dengan menggunakan hand whisk. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan benar-benar mulus dan tidak ada yang bergerindil. Saring bila perlu. Masukkan margarin cair. Aduk rata.
2. Panaskan wajan datar anti lengket dengan api kecil. Buat dadar tipis-tipis (sekitar 1 sendok sayur per 1 lembar). Masak sebentar hingga permukaannya tidak lengket. Angkat. Lakukan sampai habis.
3. Ambil selembar kulit, tata bahan isi, lipat dan gulung. Lakukan sampai habis.
4. Gulingkan ke tepung panir, celupkan ke kocokan telur, gulingkan lagi ke tepung panir. Lakukan sampai habis.
5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Hidangkan dengan saus tomat dan saus sambal.

Hasil: 12-14 buah risoles
***SELAMAT MENCOBA***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar